Konsep Dasar Dashboard
Pada bagian pertama akan dijelaskan konsep dasar mengenai dashboard, yang meliputi definisi, tujuan penggunaan, karakteristik, serta jenis dashboard.
Pada bagian pertama akan dijelaskan konsep dasar mengenai dashboard, yang meliputi definisi, tujuan penggunaan, karakteristik, serta jenis dashboard.
Definisi Dashboard
Dashboard dinyatakan dalam beberapa istilah yang berbeda pada pustaka-pustaka yang ada. Shadan Malik [1] menggunakan istilah enterprise dashboard yang didefinisikan sebagai sebuah antar m uka komputer yang banyak menampilkan bagan, laporan, indikator visual, dan mekanisme alert , yang dikonsolidasikan ke dalam platform informasi yang dinami s dan relevan. Enterprise dashboard berperan sebagai live console untuk mengelola inisiatif bisnis.
Stephen Few [2] menggunakan istilah information dashboard , yang didefinisikan sebagai tampilan visual dari informasi penting, yang diperlukan untuk mencapai satu atau beberapa tujuan, dengan mengkonsolidasikan dan mengatur informasi dalam satu layar ( single screen ), sehingga kinerja organisasi dapat dimonitor secara sekilas.
Tampilan visual disini mengandung pengertian bahwa penyajian informasi harus dirancang sebaik mungkin,sehingga mata manusia dapat menangkap informasi secara cepat dan otak manusia dapat memahami maknanya secara benar.
Daryl Orts [3] me nggunakan istilah dashboard , yang didefinisikan sebagai alat untuk me monitor organisasi dari hari ke hari. Inform asi ditampilkan dalam sebuah antar muka tunggal, sehingga pengambil keputusan dapat mengakses Key Performance Indicators, yaitu informasi yang dapat digunakan untuk memberikan panduan secara aktif terhadap kinerja bisnis. Dashboard berfungsi seperti intranet eksekutif, situs dimana semua informasi penting ditampilkan dalam kelompok-kelompok logik.
Wayne Eckerson [4] menggunakan istilah dashboard , yang didefinisikan sebagai mekanisme penyajian informasi secara visual di dalam sistem manajemen kinerja, yang menyajikan informasi kritis mengenai kinerja proses operasional secara sekilas. Wayne menitikberatkan penggunaan dashboard untuk monitoring kinerja dari proses operasional.
Berdasarkan penjelasan-penjelasan tersebut, dapat dinyata kan bahwa istilah enterprise dashboard, information dashboard , dan dashboard memiliki pengertian yang sama, yaitu sebuah alat yang memberikan tampilan antar muka visual, yang mengkonsolidasikan dan menyajikan informasi penting yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu, secara sekilas dalam satu layar (single screen ).
Referensi:
[1]Malik, Shadan. (2005), Enterprise Dashboards - Design and Best Practices for IT , John W i l e y & Sons, Inc
[2] Few, Stephen. (2006)(b), Information Dashboard Design , O’Reilly; ISBN: 0-596-10016-7.
[3] Orts, Daryl. (2005), Dashboard Implementation Methodology, DM Review Magazine, http://www.dmreview.com/artic le_sub.cfm?articleId=1028733,diakses tanggal 24 Sepetember 2007
[4] Eckerson, Wa yne. (2005), Deploying Dashboard and Scorecards , TD WI Best Practices Report.
No comments:
Post a Comment